GANESHA - Kebijaksanaan (bawah)
TRIMURTI - Pencipta-Pemelihara-Pendaurulang (atas)

ali, pulau Dewata yang terkenal karena aura spiritualnya, kini semakin semarak dengan kehadiran sebuah taman, Secret Garden. Mungkin ini adalah taman umum terkecil di dunia, namun taman spiritual 'lintas agama' ini memberikan manfaat melebihi taman biasa. "Taman Jiwa" yang didedikasikan untuk Bunda Alam Semesta ini mempunyai tugas yang cukup berat, yaitu memulihkan Ibu Bumi dan Anak-anakNya. Berdiri kurang lebih 100m dari Anand Krishna Centre, di jalan Pura Merta Sari, Sunset Road Area-Kuta-Bali, taman ini dipenuhi dengan simbol Bunda Semesta yang mewujud dalam berbagai rupa di setiap tradisi. Bagaikan oase di tengah gersangnya modernitas, taman spiritual ini bagaikan penawar dahaga bagi mereka yang ingin mengalami kelembutan kasih dan sejuknya kedamaian.

Taman spiritual yang 'dikawal' oleh kantor National Integration Movement (NIM) dan Koperasi Anand Krishna Bali ini seolah merupakan bukti nyata penerapan bahwa meditasi dan spiritualitas bukanlah hanya duduk diam, membaca kitab suci dan melakukan ritual, namun mempraktekkannya dalam keseharian, diwujudkan melalui kedua organisasi ini. Spiritualitas harus menjadi landasan dalam berbagai lapisan kehidupan, contohnya dalam  kebangsaan (NIM) dan juga dalam kesejahteraan (koperasi) untuk menciptakan enlightened society. 'Pengawalan' ini seolah menjadi monumen bagi keduanya agar selalu mengingat landasan utama dalam berkarya, bhakti..devotion.

Secret Garden 'dijaga' pula oleh  Patung Ganesha dan Patung Trimurti yang diletakkan di bagian luar dan pagar. Ganesha adalah simbol penghalau rintangan dan kebijaksanaan. Sedangkan Tri Murti melambangkan tiga karakter utama Keberadaan; Pencipta (Brahma), Pemelihara (Vishnu) dan Pelebur/Pendaur Ulang (Shiva).

Melangkah masuk ke dalam, berdiri dengan segala kemegahannya, centre point  dari Secret Garden, yaitu Patung Dewi Durga (Shakti dari Shiva) yang berhadapan dengan patung pendiri taman spiritual ini, Guruji Anand Krishna. Terbuat dari batu berukuran lebih dari 150cm, Patung Dewi Durga yang berdiri dengan posisi menginjak kerbau jelmaan raksasa bernama Mahisasura ini adalah simbol pendaur ulang, penumpas segala kebatilan dan sifat buruk dalam diri manusia. Membelakangi patung Dewi Durga seolah menjadi satu kesatuan, terdapat patung  Shiva Lingga. Patung batu berbentuk Lingga dengan Wajah Shiva ini merupakan wujud penghormatan terhadap proses penciptaan, dan keseimbangan energy feminim dan maskulin.

Aspek lain dalam kehidupan manusia pun diwujudkan melalui berbagai sosok; Dewi Saraswati melambangkan ilmu pengetahuan, Dewi Sri sebagai simbol kemakmuran khas Nusantara (di India disebut Laksmi) diwujudkan membawa padi yang merupakan simbol agrikultur, Bouraq melambangkan perkembangan spiritual, Bunda Maria atau Sang Mawar Mistik melambangkan Devosi atau pengabdian, serta Dewi Kwan Im yang membawa pot dan tanaman melambangkan kesehatan holistik .

Ketika ditanya mengapa dinamakan 'The Secret Garden', Guruji Anand Krishna menjelaskan bahwa sebenarnya dalam hati setiap orang terdapat kelembutan yang merupakan kekuatan sesungguhnya. Berada dalam taman ini walaupun sesaat, membantu mengakses kelembutan hati. Kelembutan Kasih dalam diri kita harus muncul agar dapat menyelamatkan Bumi, karena hanya Kasih-lah solusi untuk berbagai masalah seperti pemanasan global yang saat ini kita hadapi. Marilah kita bekerja sama untuk mewujudkan Satu Bumi, Satu Langit, Satu Umat Manusia. (teks oleh Debbie, foto-foto oleh Vita)

 

Secret Garden dibuka untuk umum, setiap hari.
Tetapi kami menganjurkan agar pengunjung membuat perjanjian terlebih dahulu. Hubungi:
Jln. Pura Mertasari no 27, Sunset Road, Kuta, Bali. Phone: 0361-8477490, 08563709294.

[ MASUK KE SECRET GARDEN ]

[ ENGLISH VERSION ]